Friday, 19 April 2024 | 09:45 PM

Trending News
28 March 2019,09:17 AM

BangkaNews.Id, Belilik ,-- PT. Putra Bangka Tani menggelar acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik sawit beserta kantor yang berlokasi di daerah Belilik, Rabu ( 27/03 ).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Roesman, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, Brigjen Didied Pramudito, Muspida Bateng, Danrem 045/Gaya Dadang Arif Abdurrahman, Camat Namang, Kades Belilik beserta masyarakat dan para petinggi perbankan.

Dalam kata sambutannya, Pimpinan PT Putra Bangka Tani, Sherly mengatakan pabrik ini dibangun untuk membantu masyarakat. Pabrik ini memiliki luas 25ha dengan kapasitas 45 - 60 ton senilai 150 M, dan tentunya dibantu pihak perbankan, serta diperkirakan selesai selama 2 tahun.

" Kami juga telah bekerja sama dengan masyarakat dengan luas 8000ha kebun yang kami tanami. Selain pabrik, hari ini juga merupakan penyerahan perdana kami, bagi hasil plasma masyarakat sebesar Rp 25.695.000,- " ungkapnya.

Selain itu, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Roesman juga mengatakan bahwa kita bersyukur investor mempercayakan kepada pemerintahan Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah, seperti yang kita ketahui anjloknya sawit dikarenakan keterbatasan pabrik kita. Namun, tidak serta merta menyebabkan harga yang turun, tetapi kesediaan pabrik lebih kepada menguntungkan dari segi jarak.

" Kalau buahnya tidak berkualitas baik ya harga tidak seperti yang kita harapkan, maka kami meminta investor PT Putra Bangka Tani ini agar segera dan selalu mensosialisasikan buah serta bibit yang baik agar nanti ketika dijual ke pabrik betul-betul sesuai dengan standar, tidak seperti sekarang masih banyak petani kita mengandalkan tukang panen, dan pemilik kebun tidak mengontrol sehingga sering kecolongan panen buah yang belum cukup umur. Apapun itu, semoga dengan adanya pabrik ini dapat menambah pilihan masyarakat untuk menjual tandan buah sawitnya " tegasnya.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh juga berharap pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktunya bisa operasional serta mampu menyerap lapangan kerja yang tentunya sesuai kemampuan masyarakat.

" Kami memohon agar masyarakat desa Belilik dan Kurau sekitarnya untuk mendukung investasi ini yang bisa menjadi kebanggaan. Kita harapkan dapat dibangun juga pabrik hilirnya tidak hanya membuat CPO tapi juga turunannya. Insha Allah dengan adanya pabrik ini bisa menstabilkan dan meningkatkan harga sawit " harapnya.

Sebagai sahabat, Direktur PT Mega Engineering Systems, Kevin Alexander mengatakan kita harapkan PT. Putra Bangka Tani akan terus berkembang serta perusahaan kami akan bersinergi bersama untuk berinvestasi di daerah Sumatera.

( HD )

Komentar Anda