Friday, 03 May 2024 | 10:30 PM

Trending News
23 April 2024,07:11 PM

BangkaNews.id -- PANGKALPINANG Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Belitung (Babel), Fery Afriyanto berkesempatan menyambut kunjungan kerja anggota DPD RI Dapil Babel, Darmasyah Husein dalam rangka membahas persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 bertempat di Ruang Rapat Tanjung Pendam Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa, (23/4/2024).

Di hadapan senator senior asal Belitung tersebut, Plh Sekda Babel menerangkan bahwa pihaknya di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sesuai mandat yang diperintahkan pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2024 tersebut.

Alokasi anggaran miliar ini disalurkan kepada dua lembaga penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel senilai Rp 41 miliar lebih dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel Rp 12 miliar lebih, kemudian untuk pendukung keamanan TNI/Polri senilai Rp 1,7 miliar.

"Proses pembayaran sendiri dari tahun 2023 telah dimulai dicairkan sebesar 40 persen dan tahun ini akan diselesaikan 60 persen di 2024," jelasnya. 

Dalam pertemuan ini juga, Fery tetap berharap masukan dan arahan kepada pihaknya sebagai penyelenggara pemerintah di daerah untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

Sementara itu,  anggota DPD RI Darmansyah Husein menjelaskan, sebagai tugas dan fungsinya, tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 termasuk menjadi salah satu pengawasannya. Tak hanya ke Pemprov, melainkan juga ke KPU dan Bawaslu Babel.

"Fasilitasi dan _support_ Pilkada ini hingga terlaksana dengan sukses. Kita juga harapkan pelaksanaan yang jujur, adil dan demokratis, sehingga terpilih pemimpin yang semakin waktu semakin berkualitas. Itu lah proses demokrasi," tuturnya.

Penulis : Irnawati
Fotografer : Dina
Editor : Aliyah

Komentar Anda