Thursday, 18 April 2024 | 11:25 PM

Bangka Tengah
10 February 2021,11:49 AM

BangkaNews.id,Bangka Tengah - Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun. Haji Amir bin Lahade, tokoh masyarakat Bugis Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (09/02/2021) menghembuskan nafas terakhirnya setelah menjalani pemeriksaan di Puskesmas Sungai Selan.

Pria kelahiran Jambi, 10 Juni 1954 meninggal dunia sekitar pukul 14.30 Wib. Almarhum meninggal pada usia 56 tahun, meninggalkan seorang istri, tiga orang putri dan tujuh cucu.

Kepergian almarhum selain meninggalkan duka mendalam yang dirasakan keluarganya, juga rasa kehilangan bagi masyarakat Desa Batu Belubang, terutama warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Salah seorang warga KKSS Desa Batu Belubang, Samsu Alam (46) mengaku kehilangan dengan sosok Haji Amir.

Dalam penilaiannya, semasa hidup almarhum dikenal sebagai pemuka masyarakat yang baik dan mudah bergaul. Tidak memandang suku. 

"Almarhum merupakan salah satu tokoh Bugis yang datang awal ke desa ini bersama sejumlah tokoh seperti Pak Umar, Daeng Manassa, Daeng Rafik dan tokoh lainnya," sebut Haji Acok, sapaan akrabnya.

Hal itu dibenarkan warga KKSS lainnya yang juga anggota BPD Batu Belubang, Alimuddin.

Ia bercerita, almarhum pindah dari Jambi ke Batu Belubang, Bangka sekitar tahun 1979.

"Saat itu almarhum masih pergi-pulang dari Jambi ke Pulau Bangka, baru sekitar tahun 1981 mendirikan rumah dan membangun usaha bagan nelayan di desa ini," tutur Ketua Kelompok Nelayan Camar Laut ini. (Ismail Muridan)

Komentar Anda