Thursday, 02 May 2024 | 07:23 PM

Sepakbola
25 November 2022,06:58 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Pelaksanaan Tugas (Plt) Kadis Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Parbudkepora) Babel Herwanita membuka secara resmi Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tingkat Provinsi Bangka Belitung tahun 2022 bertempat di GOR Sahabudin, Jumat (25/11/2022) sore.

Kejuaraan FOP merupakan program Kemenpora RI bekerjasama dengan Disparbudkepora dan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) ini diikuti sebanyak 60 peserta pelajar mulai tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga tingkat SMA/Madrasah Aliyah (MA)/sederajat yang berasal dari 5 Kabupaten/Kota se Babel.

Adapun Cabang Olahraga (Cabor)  yang akan dipertandingkan pada FOP kali ini yaitu cabor Pencak Silat dan Atletik. Pelaksanaan akan berlangsung selama tiga hari dimulai hari ini (25/11/2022) dan berakhir pada Minggu (27/11/2022).

Herwanita dalam sambutannya mengatakan dengan terbitnya undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan serta Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasionanl (DBON) secara jelas menempatkan olahraga sebagai salah satu fokus pembangunan pemerintahan dalam upaya memajukan peradaban dan taraf hidup masyarakat indonesia.

“Jelas, mempertandingkan dan mendukung cabor unggulan berdasarkan DBON ini adalah bertujuan untuk meningkatkan budaya olahraga masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktivitas olahraga prestasi nasional dan memajukan perekonomian berbasis olahraga.” katanya.

Melalui penyelenggaraan FOP tingkat Provinsi Babel tahun 2022 ini dirinya berharap nantinya dapat membangun jiwa sportivitas dan solidaritas pelajar sekaligus membangun karakter yang tangguh serta pada akhirnya dapat memunculkan bibit-bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga di Babel, Nasional bahkan Internasional.

“Event FOP ini merupakan amanah DBON sebagai perwujudan sistem festival dan kompetisi olahraga pelajar berkualitas, terencana, berjenjang dan berkelanjutan dalam rangka mewujudkan visi DBON yaitu mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter unggul dan berprestasi dunia. Selamat bertanding, jadikan jiwa sportifitas sebagai landasan dalam menjalankan setiap pertandingan.” harapnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tingkat Provinsi Bangka Belitung tahun 2022 perwakilan Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Pendidikan Kemenpora RI, Puji, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Babel, Bahar, Ketua IGORNAS Babel, Tri Haryono, Ketua Pelaksana FOP, Harun dan pihak terkait lainnya serta seluruh para pelajar peserta FOP.

Diakhir acara digelar Technical Meeting (TM) di setiap cabor yang dipertandingkan dan diikuti oleh seluruh official cabor Pencak Silat dan Atletik. Untuk tempat pelaksanaan cabor Pencak Silat akan digelar di GOR Sahabudin sedangkan cabor Atletik bertempat di Stadion Depati Amir Pangkalpinang. (rz)

Komentar Anda