Thursday, 02 May 2024 | 11:15 AM

Tekan-Inflasi-Jelang-Lebaran,-Pemkot-Pangkalpinang-Gencarkan-Pasar-Murah
02 April 2024,10:14 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar operasi pasar murah menjelang Hari Raya Idulfitri 1455 Hijriyah. Pasar murah yang kerap digelar ini juga sebagai upaya pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga dan menekan laju inflasi.(1/04/24)

Asisten Administrasi Umum, Agus Fendy, yang membuka operasi pasar murah di Kelurahan Kacang Pedang menyebut, kegiatan ini akan terus digencarkan pemerintah kota selain untuk menjaga stabiliasasi harga dan inflasi tetapi juga diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah berharap masyarakat dapat terbantu menghadapi Idulfiitri maupun dalam pelaksanaan Ramadan ini. Mudah-mudahan dengan acara seperti ini masyarakat terus berdatangan memanfaatkan momen yang baik ini agar bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Agus mengatakan, sejauh ini beberapa komoditas pangan memang terjadi kenaikan harga, terutama beras, tapi kebutuhan seperti bawang dan bahan pokok lainnya juga terjadi kenaikan namun tidak begitu tinggi. Hal ini disebabkan karena beberapa komoditas pangan yang masih didatangkan dari luar sehingga memerlukan biaya distribusi.

“Kita harapkan masyarakat bisa memahami dengan kondisi yang ada dan mereka mengerti bahwasanya barang-barang pada saat menjelang Idulfitri kenaikan itu biasa sepanjang tidak terlalu tinggi. Dalam kondisi Kota Pangkalpinang barang apapun yang ada ini adalah barang yang didatangkan dari luar maka ada biaya distribusi ongkos kirim dan lain sebagainya mungkin itu yang menyebabkan adanya kenaikan,” jelasnya.

Agus juga berharap ke depan agar pasar murah tidak hanya menjual sembako, namun dilengkapi dengan penjualan daging sapi dengan harga terjangkau. Sebab ia menilai bahwa daging menjadi komoditas yang sangat dibutuhkan masyarakat apalagi menjelang lebaran.

“Walaupun sekilo tapi masyarakat semuanya membutuhkan. Itu yang mungkin akan dirasakan. Tapi kalau ada pasar murah terutama operasi pasar murah ini meskinya harus ada juga jual daging yang terjangkau itu harapan kami bagi pelaku ekonomi untuk membantu masyarakat,” paparnya. (eka/***)

Komentar Anda