Thursday, 02 May 2024 | 03:04 PM

Trending News
04 April 2024,06:00 PM

BangkaNews.id -- BANGKA SELATAN Untuk meningkatkan produksi hasil budidaya perikanan yang dilakukan kelompok pemuda di Desa Bencah, Kabupaten Bangka Selatan, PT Timah menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tambak Ikan Bencah Timor Desa Bencah.

Bantuan ini diserahkan oleh Direktur SDM PT Timah Tigor Pangaribuan dalam moment Safari Ramadan yang digelar di Guest House Wilayah Operasi Bangka Selatan, Rabu (3/4/2024).

Kelompok Tambak Ikan Bencah Timor Handika mengatakan, karang taruna bersama pemuda melakukan budidaya ikan air tawar seperti nila, patin, dan baung dengan menggunakan kerambah jaring apung.

Saat ini mereka baru memiliki satu kerambah untuk membudidayakan ikan air tawar, padahal permintaan air tawar cukup tinggi baik di Desa mereka maupun di Desa lainnya.

Handika mengatakan, bantuan dari PT Timah ini akan mereka gunakan untuk menambah kerambah, bibit dan pakan ikan air tawar. Pasalnya, kualitas ikan ditentukan oleh pakan.

"Saat ini kita baru punya satu kerambah, dengan bantuan ini kita mau bikin kerambah lagi jadi ikan yang dibudidayakan bisa banyak. Terus untuk menambah pakan juga, karena ikan itu kalau pakannya banyak, ikannya besar, makin bagus harga jualnya," ucapnya.

Pihaknya mengapresiasi PT Timah yang telah membantu budidaya ikan tawar yang dilakukan kelompok pemuda ini, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ia berharap, nantinya dengan bertambahnya jumlah kerambah juga akan meningkatkan produksi ikan yang mereka budidayakan, sehingga bisa memperluas pemasaran dan meningkatkan pendapatan kelompok.

"Ini yang mengurus kelompok pemuda dan pembelinya masyarakat sekitar, yang mau beli datang langsung ke tambak. Dari sisa keuntungan kita gunakan untuk membuat kegiatan seperti turnamen futsal atau turnamen voli," ucapnya.

Menurutnya, PT Timah kerap membantu masyarakat di wilayah mereka melalui bantuan sosial maupun dukungan pemberdayaan kelompok pemuda.

"Melalui bantuan ini, PT Timah juga telah mendukung pemberdayaan kelompok pemuda agar para pemuda kami semakin semangat untuk melakukan budidaya ikan air tawar ini. Kami juga berharap persoalan yang dihadapi PT Timah dapat cepet selesai, sehingga PT Timah bisa terus membantu masyarakat dan banyak warga kami yang telah mendapatkan bantuan PT Timah," tandasnya. (***)

Komentar Anda