Thursday, 02 May 2024 | 12:21 PM

Wujudkan-Generasi-Emas,-SMA-Negeri-3-Pangkalpinang-Gelar-Festival-Ramadan-KERANA
05 April 2024,09:37 AM

BangkaNews.id – Ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi umat Islam yang darinya sejuta manfaat baik secara jasmani maupun rohani. Dalam rangka memeriahkan puasa Ramadan, SMA Negeri 3 Pangkalpinang menggelar festival Ramadan KERANA (Kebersamaan Ramadan penuh Makna). Dengan menghadirkan berbagai kegiatan mulai dari lomba tahfizul Quran, fahmil Quran, dakwah, twibbon digital, buka puasa bersama hingga tausiah akbar yang dilaksanakan selama dua hari 3 – 4 April 2024.

Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 3 Pangkalpinang Suryadi, M.Pd. yang sekaligus membuka festival Ramadan tersebut mengapresiasi pelaksaan kegiatan yang menunjukkan berbagai kreativitas di lingkungan sekolah.

“Di sini yang saya apresiasi adalah kebersamaan kita, menunjukkan kemampuan kita di lingkungan sekolah bahwa ada keahlian-keahlian yang terpendam, terutama di sini kita bisa melihat ada tahfiz Quran, para Dai hebat, dan ini semua dilakukan dari kita, oleh kita, untuk kita,” ucap Suryadi, M.Pd..

Selanjutnya, Kepala Sekolah juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kegiatan festival Ramadan dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan tidak hanya dilaksanakan tahun ini saja, tetapi dapat tetap berlangsung di tahun-tahun berikutnya.

“Mungkin ini kelihatannya perlu diteruskan untuk ke depannya. Kalau menggali potensi kreativitas ini rasanya perlu didukung oleh semua pihak. Oleh karena itu, saya sampaikan apresiasi yang luar biasa kepada teman-teman yang telah menginisiasi festival Ramadan Kerana tahun 2024 ini.” ujar Suryadi, M.Pd.. 

Bulan Ramadan merupakan bulan Tarbiyah  (Pendidikan) karena di bulan tersebut orang yang berpuasa dilatih untuk sabar, berjiwa besar, toleran, tahan ujian, mampu mengendalikan hawa nafsu, disiplin diri, serta semaraknya kajian-kajian keilmuan pada bulan tersebut, Bulan Rahmat karena Allah menurunkan aneka rahmat di mana pintu-pintu surga dibuka lebar-lebar dan pahala kebaikan dilipatgandakan.

Dengan suksesnya festival Ramadan ini, diharapkan siswa SMA Negeri 3 Pangkalpinang dapat memperkokoh rasa keagamaan dan kebersamaan, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan akademik dan spiritual di lingkungan sekolah, serta dapat mewujudkan generasi emas berkarakter Pancasila.

“Melalui Festival Ramadan KERANA kita dapat menghapus tiga dosa besar Pendidikan yakni kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi.,” harap Suryadi, M.Pd.. (Nurfitri)

Komentar Anda